Jumat, 19 Agustus 2011

Kiat-kiat sukses saat berpuasa ^^


Kiat Sehat & Bugar Selama Ramadhan
NIAT PUASA
Motivasi yang kuat untuk berpuasa menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tsb. Diketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat berpuasa lebih rendah dari orang yang kelaparan. Hal ini karena niat (motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga kita siap menahan lapar sampai waktu buka.

TETAP MAKAN SAHUR
Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak makan sahur seseorang akan mudah menjadi hiploglikimia dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu, loyo dan mengantuk, bahkan mudah marah.

HINDARI MAKANAN & MINUMAN YANG BANYAK MENGANDUNG GULA SAAT SAHUR.
Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badanpun menjadi cepat lemas dan lesu. Perbanyak makanan yang dapat mengandung protein tinggi karena protein tinggi akan diolah lebih lambat dibanding jenis makanan lain.

SEGERA BUKA PUASA PADA WAKTUNYA
Segeralah berbuka puasa dengan makanan yang manis (kurma) sebab makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi. Makanlah dan minumlah secukupnya agar beban lambung tidak terlalu berat setelah berjam-jam kosong. Makan yang terlalu banyak saat berbuka akan menyebabkan sebagian besar darah terdistribusikan ke alat pencernaan akibatnya aliran darah ke otak menjadi lebih sedikit, tubuh menjadi lemas, mengantuk dan malas berpikir." Makan dan minumlah kamu jangan berlebihan..." (QS.7:31)

BEROLAH RAGA DI BULAN RAMADHAN
Salah satu penyebab cepat lelah ketika berpuasa adalah kebiasaan yang salah ramai-ramai berolah raga sehabis sahur. Waktu yang paling tepat untuk berolah raga di bulan ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) sebelum atau sesudah berbuka. Tidak dianjurkan melakukan olah raga yang terlalu berat selama berpuasa.

MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SELAMA BERPUASA.
Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

TIPS-01 TARGET AMALBULAN PUASA
Khatam Al- Qur'an minimal 1x
Membaca tafsir/terjemah Al Qur'an minimal 1/3 Al qur'an
Shalat lima waktu dengan berjama'ah
Shalat sunnah rawatib, minimal yang muakkad
Memberi buka orang yang puasa, minimal 1x
Berinfaq setiap hari (seadanya)
Evaluasi amal setiap hari
Membaca buku Islam, minimal 1 buku

TIPS-02 MANAJEMEN WAKTU DI BULAN RAMADHAN
Sebelum sahur, shalat tahajud minimal 2 rakaat, kalau sudah witir waktu tarawih tidak perlu diulang. Kalau belum ditambah witir.
Sesudah sahur menjelang Subuh, tilawah Qur'an 10 menit.
Setelah shalat Subuh, tilawah Qur'an 30 menit
Sesudah shalat Dzuhur. Tilawah Qur'an/baca tafsir dan terjemahan 30 menit.
Sesudah shalat Ashar. Tilawah Qur'an 15 menit
Menjelang Maghrib baca buku Islam 30 menit
Sesudah tarawih, tilawah Qur'an 10 menit
Sesudah tarawih & istirahat sejenak dirumah, tilawah Qur'an 30 menit.
Menjelang tidur, merenungi perjalanan diri dari sahur hingga saat ini 10 menit.

TIPS-03 AGAR PUASA BERBUAH PAHALA
Menjaga mata, hindarkan diri dari hal-hal yang dapat menyebabkan hati menjadi bimbang dan lalai mengingat Allah. "Pandangan mata adalah panah racun dari panah iblis. Maka barang siapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah niscaya Allah akan memberinya iman dan mendapatkan manisnya iman dalam hatinya."
Menjaga lisan dari perkataan yang sia-sia, berdusta, ghibah, mencari-cari kesalahan orang lain, berkata keji dan sejenisnya. "Bukanlah puasa itu dari makan dan minum saja, tetapi juga dari perkataan kotor dan caci maki".
Mencegah pandangan dari hal-hal yang makhruh dan hal-hal yang haram diucapkan." Orang yang mengumpat (berghibah) dan orang yang mendengarkannya adalah sama-sama berdosa".
Mencegah semua anggota badan lainnya dari perbuatan dosa. "Betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak ada hasil yang diperoleh, kecuali lapar dan haus."
Tidak memperbanyak makanan sewaktu berbuka, begitu juga sewaktu sahur. "Tidak ada karung yang lebih dibenci Allah daripada perut yang kekenyangandengan makanan yang halal."
Sesudah berbuka hatinya berguncang antara harap dan cemas karena dia tidak tahu apakah puasanya diterima atau ditolak. "Sesungguhnya puasa adalah amanat, maka hendaklah kamu menjaga amanat itu."

Salam Ramadhan, Semoga bermanfaat..^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar